Anda mencari data? konsultasi statistik? Tidak perlu repot langsung Chat saja TALITA (TAnya onLIne tentang daTA). Klik TALITATALITAsekarang.

BPS Provinsi Lampung Resmikan Pojok Statistik di IIB Darmajaya dan ITERA

BPS Provinsi Lampung Resmikan Pojok Statistik di IIB Darmajaya dan ITERA

5 Juni 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung dalam sehari meresmikan 2 Pojok Statistik di Kampus IIB Darmajaya dan Institut Teknologi Sumatera (ITERA). 

"Kehadiran Pojok Statistik Ini menambah akses masyarakat dalam memperluas jangkauan untuk meliterasi statistik di lingkungan Perguruan Tinggi", terang Direktur Diseminasi Statistik BPS, Dwi Retno Wilujeng Wahyu Utami, S.Si., M.Si.

Kembali beliau menyampaikan bahwa pojok statistik yang diresmikan pada IIB Darmajaya dan ITERA telah menandakan bahwa secara nasional saat ini Indonesia telah ada 123 pojok statistik yang tersebar di antara 38 Provinsi se Indonesia", lanjut Dwi Retno.

Peresmian ini dilaksanakan di dua perguruan tinggi di Provinsi Lampung, yaitu Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya (IIB Darmajaya) dan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) pada hari Rabu, (5/6/24). Dimulai dari peresmian Pojok Statistik di kampus IIB Darmajaya, dilanjutkan dengan Peresmian Pojok Statistik sekaligus Stadium General di Kampus ITERA.

Upaya strategis ini merupakan wujud komitmen dan kolaborasi bersama antara BPS Provinsi Lampung dengan Perguruan Tinggi dalam meningkatkan literasi statistik di kalangan masyarakat, khususnya mahasiswa dan akademisi. Pojok Statistik hadir sebagai pusat informasi dan pembelajaran statistik yang mudah diakses dan dimanfaatkan oleh berbagai pihak.

"Melalui Pojok Statistik akan melahirkan agen-agen statistik yang handal di kampus-kampus. Tujuannya adalah untuk Meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif para mahasiswa/dosen dan masyarakat pada umumnya dalam penyelenggaraan kegiatan statistik", juga optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program Pembangunan bisa tepat sasaran ujar Kepala BPS Provinsi Lampung, Atas Parlindungan Lubis dalam sambutannya. 

Selain itu kehadiran BPS di perguruan tinggi semoga tidak dimaknai sebagai beban baru bagi perguruan tinggi hanya untuk memenuhi kepentingan BPS, tetapi justru sebaliknya, BPS hadir berkalaborasi dengan perguruan tinggi untuk meningkatkan literasi statistik di kampus dalam rangka system statistik nasional. Penguatan literasi statistik melalui akademis di kampus diharapkan menjadi booster, sehingga pemahaman arti pentingnya statistik mengalir kepada Masyarakat di lingkungannya, pungkas Atas.

Peresmian Pojok Statistik di IIB Darmajaya diawali dengan sambutan dari Rektor Darmajaya RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., mengucapkan terimakasih yang tak hingga pada hari yang Istimewa hari ini bertepatan dengan Milad Kampus yang ke 27 kami secara resmi telah memiliki Pojok Statistik, semoga pojok statistik bisa bermanfaat keberadaannya. Bisa membantu untuk kepentingan civitas akademika baik untuk penelitian dan pengabdian dengan menggunakan data-data statistik yang dihasilkan oleh BPS, harap Azis. 

Adapun peserta yang hadir di IIB Darmajaya para Wakil Rektor, Dekan, Ketua Program Studo serta para mahasiswa-mahasiswi IIB Darmajaya turut serta menyaksikan dalam peresmian di Pojok Statistik. Semula direncanakan untuk menyampaikan materi pada stadium general yang mengangkat tajuk "Statistik di Era Digital: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang". Tidak dapat terlaksana karena gangguan teknis Listrik PLN yang sedang Padam, tidak mengurangi makna materi tetap bisa tersampaikan dengan apik dan hikmat mendengarkan penjelasan bagaimana sinergi statistik dan digitalisasi dalam mendukung Indonesia berdaulat, yang dijelaskan langsung oleh Direktur Diseminasi Statistik BPS, Dwi Retno Wilujeng Wahyu Utami, S.Si., M.Si., Berhasil memukau para peserta untuk mengenal lebih jauh bagaimana tantangan Disrupsi Teknologi, Revolusi Data, Big Data bagaimana bisa melakukan pengembangan metodologi statistik, algoritma, dan statistical tools yang berbasis pada big data dan data science, jelas Dwi Retno.

Sementara itu pada siang harinya, peresmian Pojok Statistik dilanjutkan di ITERA, dengan mengangkat tema Stadium General: "Urgensi Data Statistik Dalam Kemajuan SDM Unggul". dihadiri oleh Wakil Rektor 2 Bidang Keuangan dan Umum ITERA, Dr. Ir. Rahayu Sukistyori M,Kepala Biro Umum dan Akademik ITERA drh. Sri Sulistiawati, M.M., Dekan Fakultas Sains : Dr. Ikah Ning Prasetiowati Permanasari, S.Si., M.Si., dalam hal ini di wakilkan oleh Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Umum apt. Dirga, S.Farm., M.Sc, ketua program Studi dilingkungan Fakultas Sains dan fakultas Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan bersama para mahasiswa-mahasiswi ITERA. Selain itu juga turut hadir Kepala BPS Kota Bandar Lampung, Ir. Akhmad Nasrudin mendampingi peresmian Pojok Statistik di IIB Darmajaya dan ITERA.

Keberadaan Pojok Statistik ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi masyarakat, khususnya mahasiswa dan akademisi, dalam memahami pentingnya statistik dalam kehidupan sehari-hari. Pengunjung Pojok Statistik dapat mengakses berbagai data dan publikasi statistik yang akurat dan terkini, mengikuti pelatihan dan workshop untuk meningkatkan kemampuan analisis data, serta berkonsultasi dengan para ahli statistik untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang berbagai permasalahan statistik.

BPS Provinsi Lampung berkomitmen untuk terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi, pemerintah daerah, dan organisasi masyarakat, dalam rangka mendirikan lebih banyak Pojok Statistik di seluruh wilayah Lampung. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan aksesibilitas informasi dan pembelajaran statistik yang merata dan mudah dijangkau oleh seluruh masyarakat Lampung.

Diharapkan dengan berdirinya Pojok Statistik di IIB Darmajaya dan ITERA yang sebelumnya sudah ada di UNILA, literasi statistik di Provinsi Lampung dapat terus meningkat dan statistik dapat dimanfaatkan secara optimal untuk berbagai keperluan, seperti pengambilan keputusan, penelitian, dan pengembangan ilmu pengetahuan di lingkungan perguruan tinggi.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung (BPS-Statistics of Lampung Province) Jl. Basuki Rahmat No 54 Bandar Lampung

Telp (62-721) 482909

Faks (62-721) 484329

Mailbox : bps1800@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik