Anda mencari data? konsultasi statistik? Tidak perlu repot langsung Chat saja TALITA (TAnya onLIne tentang daTA). Klik TALITATALITAsekarang.

BPS Provinsi Lampung Gelar Pembinaan dan Pemberian Penghargaan Desa Cinta Statistik

BPS Provinsi Lampung Gelar Pembinaan dan Pemberian Penghargaan Desa Cinta Statistik

22 Desember 2023 | Kegiatan Statistik Lainnya


Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung menggelar pembinaan Desa Cinta Statistik di Aula BPS Provinsi Lampung, Jumat (22/12/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BPS Provinsi Lampung, Atas Parlindungan Lubis, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Transmigrasi (PMDT) Provinsi Lampung, Dr. Zaidirina, dan 29 perwakilan Desa se-Provinsi Lampung.


Dalam sambutannya, Atas Parlindungan Lubis, menyampaikan bahwa hadirnya Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) adalah untuk mendorong kolaborasi dan pemanfaatan data statistik untuk kebijakan yang tepat sasaran.


Atas melanjutkan, program ini bertujuan untuk memperkuat pembinaan statistik di desa-desa atau kelurahan di seluruh Indonesia, yang dilandasi oleh amanat Undang-Undang No. 16 Tahun 1997 tentang Statistik, yang menegaskan pentingnya pengembangan statistik di tingkat desa/kelurahan. 


Salah satu fokus utama dari program Desa Cantik adalah untuk memberikan literasi kepada masyarakat melalui perangkat desa/kelurahan dalam memahami Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek), sehingga dapat melakukan identifikasi pemanfaatan data Regsosek untuk kebutuhan desa dalam rangka upaya mengentaskan kemiskinan.


Acara di aula ini kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada 29 Desa Cinta Statistik se-Provinsi Lampung. Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh kepala Dinas PMDT Provinsi Lampung, DR. Zaidirina, dan Kepala BPS Provinsi Lampung, Atas Parlindungan.


"Semoga Desa Cinta Statistik dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Provinsi Lampung untuk lebih aktif dan terlibat dalam kegiatan Desa Cinta Statistik," harap Atas.


Dengan adanya pembinaan ini, diharapkan desa-desa di Provinsi Lampung dapat lebih memahami pentingnya data statistik dan dapat berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan statistik desa, sehingga pembangunan desa dapat menjadi lebih tepat sasaran dan berkelanjutan. 


Dan program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) menandai komitmen pemerintah dalam memajukan pengembangan statistik di tingkat desa, sebagai langkah strategis untuk mendukung pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di seluruh Indonesia

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung (BPS-Statistics of Lampung Province) Jl. Basuki Rahmat No 54 Bandar Lampung

Telp (62-721) 482909

Faks (62-721) 484329

Mailbox : bps1800@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik