Anda mencari data? konsultasi statistik? Tidak perlu repot langsung Chat saja TALITA (TAnya onLIne tentang daTA). Klik TALITATALITAsekarang.

Tim BPS Provinsi Lampung Dampingi BPS Kabupaten Lampung Timur dan Mesuji dalam Rilis Inflasi

Tim BPS Provinsi Lampung Dampingi BPS Kabupaten Lampung Timur dan Mesuji dalam Rilis Inflasi

26 Januari 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Simpang Pematang, 26 Januari 2024 - Dalam upaya meningkatkan akurasi dan kredibilitas data inflasi, Tim BPS Provinsi Lampung memberikan dukungan teknis dan kehumasan kepada BPS Kabupaten Lampung Timur dan Mesuji. Pendampingan dilakukan di waktu yang berbeda yaitu tanggal 18 Januari 2024 di BPS Kabupaten Lampung Timur dan 26 Januari 2024 di BPS Kabupaten Mesuji.

 

Tim yang terdiri dari Muhammad Ilham Salam, Statistisi Madya, dan Bayu Juniardi, Statistisi Muda dari Tim Distribusi, serta Aan Andriatno, Pranata Humas Pertama dari Tim Humas BPS Provinsi Lampung. Pendampingan ini bertujuan untuk memastikan bahwa perhitungan inflasi di tingkat kabupaten dilakukan dengan standar yang tinggi dan konsisten dengan metode yang telah ditetapkan oleh BPS. Sebagai informasi, Kabupaten Lampung Timur dan Mesuji dipilih sebagai fokus penghitungan inflasi karena keduanya dianggap memiliki rasio wilayah pedesaan terbesar di Provinsi Lampung.

 

BPS Kabupaten Lampung Timur menyambut baik bantuan dan pendampingan dari Tim BPS Provinsi Lampung. Kepala BPS Kabupaten Lampung Timur, Maryono, menyatakan, "Kami sangat berterima kasih atas dukungan Tim BPS Provinsi Lampung. Ini adalah langkah positif untuk memastikan bahwa data yang kami rilis nantinya benar-benar mencerminkan kondisi perkembangan harga di tingkat kabupaten."

 

Di Kesempatan yang berbeda, Kepala BPS Kabupaten Mesuji, Zulkifli mengungkapkan, "Menjadi kehormatan bahwa Mesuji menjadi salah satu Kabupaten dengan perhitungan inflasi, sekaligus menjadi tantangan dan kesempatan untuk mengawal perhitungan dan penyampaian rilis inflasi nanti. Ke depannya, mudah-mudahan sinergi dan kolaborasi dengan Pemerintah Daerah semakin kuat dalam perencanaan pembangunan di Kabuapten Mesuji".

 

Proses pendampingan ini mencakup pelatihan terkait metodologi perhitungan inflasi, pengumpulan, dan pengolahan data, serta verifikasi hasil perhitungan. Tim BPS Provinsi Lampung juga memberikan arahan terkait rilis Berita Resmi Statistik dan cara efektif berkomunikasi hasil kepada masyarakat dan stakeholder terkait.

 

Rilis inflasi yang akan dilakukan oleh BPS Kabupaten Lampung Timur dan BPS Kabupaten Mesuji diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang dinamika harga konsumen di wilayah pedesaan, memungkinkan pemerintah dan pelaku ekonomi untuk mengambil keputusan yang lebih tepat dan berkelanjutan. 

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung (BPS-Statistics of Lampung Province) Jl. Basuki Rahmat No 54 Bandar Lampung

Telp (62-721) 482909

Faks (62-721) 484329

Mailbox : bps1800@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik